PPID Balai Embrio Ternak Cipelang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Embrio Ternak Cipelang

PPID BET Cipelang Ikuti Bimtek Virtual di Tengah Pandemi Covid-19




Bogor- Ditengah pandemi wabah corona virus disease 2019 (Covid-19), Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) PPID yang diselenggarakan oleh PPID Utama Kementerian Pertanian. Bimtek dibuka oleh Kepala Bagian Pengelola Informasi Publik, Komarudin, S.E., M.Sc., dilakukan secara virtual melalui video conference yang diikuti oleh 10 Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH). Dengan narasumber dari PPID Utama Kementerian Pertanian (Kementan). (29/04/2020)

Bimtek bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik. Bimtek virtual PPID mendalami materi terkait menu pelayanan informasi publik (Silayan Online), menu database dokumen, menu transparansi kinerja dan penyususunan dafar informasi publik. Bimtek virtual dilaksanakan 2 sesi dalam sehari mulai tanggal 20 - 30 April 2020.  

Komarudin menegaskan, “meski dalam masa pandemi, Kementan berkomitmen untuk memberikan pelayanan informasi publik kepada masyarakat. Pemohon informasi publik dapat mengajukan permohonan informasi secara online melalui Silayan.”

Hal ini sesuai dengan surat edaran dari komisi informasi pusat no 2 tahun 2020 tentang pelayanan informasi publik dalam masa darurat kesehatan masyarakat akibat corona virus disease 2019 (COVID-19) yaitu salah satunya adalah badan publik wajib memberikan pelayanan informasi publik dengan memaksimalkan pelayanan informasi berbasis daring (online). 

Rutin setahun sekali PPID Utama melakukan pemeringkatan keterbukaan informasi publik terhadap seluruh UPTnya. Terdapat perubahan kriteria pemeringkatan KIP lingkup kementerian pertanian yang pada tahun-tahun sebelumnya adalah peringkat 1,2 dan 3, pada tahun 2020 pemeringkatan diberikan dengan kriteria informatif, menuju informatif, cukup informatif, kurang informatif dan tidak informatif . 

Tahun 2019 kementan telah memperoleh predikat sebagai badan publik informatif. Diharapkan capain ini akan memotivasi UPT kementan untuk memberikan kategori yang sama sebagai badan publik informatif. PPID Utama Kementan terus berupaya mempertahankan kinerjanya menjadi badan publik informatif, minimal menuju informatif untuk seluruh UPTnya.